May 2, 2009

Mengenal Monitor LCD

Perkembangan teknologi mulai menggeser keberadaan monitor CRT atau monitor sistem tabung dan sekarang mulai beralih ke monitor LCD.

LCD atau Liquid Crystal Display bekerja dengan prinsip yang sama sekali berbeda dengan monitor CRT. Perbedaannya terletak pada cara cahaya pada layar dihasilkan. Bila monitor CRT menggunakan fosfor yang berpendar, teknologi LCD menggunakan kristal cair untuk menjebak cahaya yang masuk di dalamnya sehingga tetap menyala.
Secara sederhana, kristal cair diletakkan sedemikian rupa sehingga hanya cahaya tertentu yang mampu melewatinya. Arus listrik yang dilewatkan pada kristal tersebut akan membuat cahaya terjebak di antara kristal dan menghasilkan gambar yang bisa dilihat dengan mata manusia. Oleh karenanya, monitor LCD tidak mengenal refresh rate sebagaimana layar CRT, tetapi ada istilah response time, yakni waktu yang diperlukan oleh kristal untuk berada pada keadaan on atau off. Biasanya diukur dalam satuan milidetik.




Kelebihan Monitor LCD
  1. Konsumsi listrik rendah/hemat energi sekitar 35-60 watt.

  2. Tidak menghasilkan radiasi elektromagnet yang menggangu kesehatan.
    Seperti diketahui bahwa monitor-monitor terdahulu memancarkan radiasi yang sangat kuat dan jika dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan pada mata seperti mata lelah,mata merah dan bisa membuat orang yang sebelumnya tidak berkacamata menjadi berkacamata (seperti saya sendiri). Dengan adanya inovasi pada teknologi monitor LCD, pancaran radiasi dapat direduksi secara maksimal sehingga mata tidak lagi panas saat bekerja dengan monitor LCD meski dengan pengaturan brightness/contrast yang tinggi.

  3. Tidak menimbulkan efek kedipan (flicker free)

  4. Area layarnya optimum karena tidak termakan untuk bezel/frame.

  5. Tidak memakan banyak tempat.
    Space atau ruang penataan monitor di meja yang jauh lebih leluasa jika menggunakan monitor LCD. Kita tidak lagi dibingungkan saat kita harus meletakkan bahan kerja di meja komputer ,karena bentuknya yang ramping,dan mudah dibawa kemanapun.

  6. Bentuknya stylish , berkesan modern dan enak dilihat

  7. Sinyal gambar digital 
Dari kelebihan-kelebihan diatas monitor LCD juga memiliki kekurangan/kelemahan diantaranya :
  1. Harganya lebih mahal dibandingkan dengan monitor CRT
  2. Kualitas gambar yang dihasilkan belum sebaik monitor CRT
  3. Resolusi gambar yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan monitor CRT
  4. Sudut viewable-nya terbatas. Begitu kita mengeset sudut pandang, gambar terlihat akan berubah di mata kita.   
Tapi untuk penghematan jangka panjang dan kenyamanan kita sendiri /mengikuti perkembangan zaman, patutlah kiranya jika kita berkorban beberapa ratus dolar untuk membeli monitor LCD dibandingkan dengan monitor CRT.

No comments:

Post a Comment